Matahari Mati Hari

 Nafasku ringan berhembus silih ganti

aku larik memanjang kisah yang lalu

aku dibuai kenangan yang meronta di pengasingan

kamu berbisik pelan dan semakin pelan

perlahan meniada kata...


Sebutan namamu menjelma anamnese

aku ingat dirimu dalam separuh tantra

sebelum menjelma doa- mantra


Matahari memerah dan anggun

sekilas delima menggantung di awang- awang

ranum dan mempesona 

cahaya layu menghangatkan sudut hati yang redup

sinar merahnya mewarnai hati yang pucat


Kamu kini menjadi delima yang ranum

yang menghias diawang- awang kenanganmu

matahari terakhir terlelap di hari yang paling ujung 


Aku selipkan doa di larik- larik ingatanku

agar namamu tak terhapus waktu

agar kelak kita kembali bersama memaki hari- hari

yang tak pernah sampai akhir kita nikmati


Aku tandaskan kopi cangkir terakhir 

aku pecahkan di matinya hari ini...

                                                                                                                      Kranji, 11 April 2022

                                                                                                                            Asu Gunung


Komentar

Postingan Populer